PASANG SURUT BELAJAR
Belajar adalah perubahan yang relatif
bertahap dalam perilaku
atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang
diperkuat. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan
perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah
input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon. Dari apa yang tidak
diketahui menjadi tahu. Kemalasan adalah musuh utama dalam belajar. Salah satu
kunci kesuksesan adalah dimana orang bisa tahu segala hal yang akan dihadapi
dan ia tidak takut akan kegagalan,karena kegagalan adalah keberhasilan yang
tertunda. Optimis,percaya diri,rasa ingin tahu,tidak pernah puas,selalu
mencoba, kreatif,motivasi adalah beberapa hal dari sifat orang yang mau belajar
dan akan mencapai kesuksesan. Dukungan dari berbagai pihak juga mendukung
keberhasilan seseorang dalam belajar,semangat yang timbul sangat berpengaruh
dari orang sekitarnya. Orang yang bisa dikatakan sukses pun tidak pernah
berhenti belajar karena kehidupan kita berjalan dinamis,adanya kreasi inovatif
akan membawa perubahan.
Kekuatan untuk belajar dari diri sendiri itu sangat
lemah, penting untuk adanya suatu motivasi. Motivasi berasal dari kata “motif”
yang diartikan sebagai “daya penggerak yang telah menjadi aktif”
(Sardiman,2001: 71). Pendapat lain juga mengatakan bahwa motivasi adalah “keadaan
dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk melakukan kegiatan untuk mencapai
tujuan” (Soeharto dkk, 2003 : 110). Dalam buku psikologi pendidikan Drs. M. Dalyono memaparkan bahwa “motivasi adalah
daya penggerak/pendorong untuk melakukan sesuatu pekerjaan, yang bisa berasal
dari dalam diri dan juga dari luar” (Dalyono, 2005: 55). Orang
yang puas akan pembelajaran tidak akan menemukan dimana dia akan sukses,karena
ilmu yang ia dapat hanya sebatas kepuasan yang ia peroleh. Bandingkan jika
orang mempunyai motivasi yang kuat dalam dirinya, ia akan menemukan hal-hal
baru yang inovatif.
Dengan demikian motivasi dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan untuk terjadinya percepatan dalam
mencapai tujuan pendidikan dan pembelajaran secara khusus. Jelaslah bahwa fungsi motivasi itu
memberikan suatu nilai atau intensitas tersendiri dari seorang siswa dalam
meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajarnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar