Halaman

Jumat, 09 November 2012

Tugas Kuliah Pengembangan Tema 1


               
PASANG SURUT BELAJAR

Belajar adalah perubahan yang relatif bertahap dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon. Dari apa yang tidak diketahui menjadi tahu. Kemalasan adalah musuh utama dalam belajar. Salah satu kunci kesuksesan adalah dimana orang bisa tahu segala hal yang akan dihadapi dan ia tidak takut akan kegagalan,karena kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Optimis,percaya diri,rasa ingin tahu,tidak pernah puas,selalu mencoba, kreatif,motivasi adalah beberapa hal dari sifat orang yang mau belajar dan akan mencapai kesuksesan. Dukungan dari berbagai pihak juga mendukung keberhasilan seseorang dalam belajar,semangat yang timbul sangat berpengaruh dari orang sekitarnya. Orang yang bisa dikatakan sukses pun tidak pernah berhenti belajar karena kehidupan kita berjalan dinamis,adanya kreasi inovatif akan membawa perubahan.

Kekuatan untuk belajar dari diri sendiri itu sangat lemah, penting untuk adanya suatu motivasi. Motivasi berasal dari kata “motif” yang diartikan sebagai “daya penggerak yang telah menjadi aktif” (Sardiman,2001: 71). Pendapat lain juga mengatakan bahwa motivasi adalah “keadaan dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan” (Soeharto dkk, 2003 : 110). Dalam buku psikologi pendidikan Drs. M. Dalyono memaparkan bahwa “motivasi adalah daya penggerak/pendorong untuk melakukan sesuatu pekerjaan, yang bisa berasal dari dalam diri dan juga dari luar” (Dalyono, 2005: 55). Orang yang puas akan pembelajaran tidak akan menemukan dimana dia akan sukses,karena ilmu yang ia dapat hanya sebatas kepuasan yang ia peroleh. Bandingkan jika orang mempunyai motivasi yang kuat dalam dirinya, ia akan menemukan hal-hal baru yang inovatif.



Dengan demikian motivasi dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan untuk terjadinya percepatan dalam mencapai tujuan pendidikan dan pembelajaran secara khusus. Jelaslah bahwa fungsi motivasi itu memberikan suatu nilai atau intensitas tersendiri dari seorang siswa dalam meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajarnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar